Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

UMKM DESA SOLUSI EFEKTIF PERMASALAHAN EKONOMI DESA KAROYA

UMKM DESA SOLUSI EFEKTIF PERMASALAHAN EKONOMI DESA KAROYA

UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) adalah usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. Di Desa Karoya masyarakatnya sudah lumayan banyak yang melakukan usaha-usaha kecil yang dilakukan di rumahnya masing-masing. Setelah dilakukannya survei dan dari data perangkat desa bahwa ada beberapa UMKM yang sudah ada di Desa Karoya ini. Adapun beberapa UMKM yang ada di Desa Karoya, Kecamatan Tegalwaru, yaitu kecimpring, keripik pisang, rengginang dan juga opak.

Praja IPDN yang sedang melaksanakan Bhakti Karya Praja di Desa Karoya, Kecamatan Tegalwaru, menyambangi pelaku usaha mikro kecil menengah di wilayah desa setempat pada hari  Rabu (13/09/2023).

UMKM desa mempunyai peran cukup strategis pada pembangunan ekonomi. Selain di perkotaan, UMKM desa juga dipandang mempunyai prospek yang bagus di masa mendatang untuk pemulihan ekonomi.
Pemerintah selalu mendorong UMKM di ranah pedesaan untuk bisa maju dan bersaing dengan jenis usaha lain dalam kancah nasional maupun internasional.

UMKM yang dijalankan di pedesaan ternyata mempunyai berbagai manfaat, terutama untuk perekonomian nasional. Beberapa di antaranya dapat menyumbang nilai PDB (Produk Domestik Bruto), bahkan di Indonesia, UMKM desa merupakan salah satu penyumbang terbesarnya.

UMKM desa juga bisa menjadi solusi yang efektif dalam mengatasi permasalahan ekonomi pada kelas kecil sampai menengah. UMKM di desa juga mampu mengurangi pengangguran dengan membuka lapangan pekerjaan yang baru

Dengan disambangi oleh adik-adik Praja IPDN para pelaku UMKM di Desa Karoya mengaku menjadi lebih terbantu, bertambah wawasan untuk memperluas pemasaran produk yang telah mereka produksi yaitu melalui media online di Webdesaku.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler