Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

WALAU DI TERPA ARUS MODERNISASI PABRIK GENTENG TETAP EKSIS

WALAU DI TERPA ARUS MODERNISASI PABRIK GENTENG TETAP EKSIS

(Minggu, 10 September 2023) Desa Karoya dikenal sebagai salah satu desa produksi genteng tanah terbaik di Kabupaten Purwakarta sejak tahun 1980-an. Genteng Karoya terbuat dari bahan baku tanah berkualitas tinggi yang diambil dari lahan pertanian di Desa Karoya. Dahulu, produksi genteng menjadi salah satu sumber mata pencaharian penduduk desa karoya yang bekerja sebagai buruh pabrik. Pabrik genteng memberikan lapangan pekerjaan masyarakat di desa Karoya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Namun di era modernisasi ini persaingan produksi yang semakin tinggi mengakibatkan permintaan terhadap genteng tanah menurun drastis. Penggunaan genteng tanah dulunya mengganti penggunaan ijuk sebagai atap rumah. 
Hari ini, penggunaan genteng tanah sudah dimakan zaman, perannya sebagai atap rumah telah diganti dengan munculnya seng dan asbes. Bangunan-bangunan seperti rumah masyarakat dan bangunan-bangunan besar dan penting pemerintah tidak lagi menggunakan genteng tanah. Penggunaan atap asbes populer di Indonesia karena desainnya yang terlihat sederhana tetapi terkesan modern. Selain itu, Penggunaan seng dan asbes dinilai lebih efisien, dengan harga murah dan ringan sehingga Penggunaannya lebih diminati dikalangan masyarakat.

Namun jangan salah, penggunaan genteng tanah memiliki nilai jual lebih seperti struktur yang kuat karna diproses sedemikian rupa dan melalui proses pembakaran menjadikan genteng tanah lebih kokoh, genteng tanah mampu membuat rumah menjadi lebih sejuk karena genteng tanah melindungi rumah dari suhu panas dan mampu meredam suara rintikan hujan sehingga tidak berisik.
Genteng tanah juga bisa dimodifikasi agar tidak terlihat ketinggalan zaman, namun dapat memberikan efek estetik pada rumah.

 

BKP-127

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler